Jumat, 05 Februari 2016

KECERIAAN GURU DALAM ACARA PSIKOLOGI BERBAGI



PENERIMAAN DIRI SEBAGAI STRATEGI PENGGALIAN POTENSI DIRI


Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



Acara Psikologi Berbagi kembali terlaksana dengan sukses pada 21 Nopember 2015 . Kegiatan yang terlaksana di Ruang WR III, Gedung A, Lanta II, Universitas Proklamasi 45, dibuka oleh Dra. Muslimah Zahro Romas, M.Si., selaku Dekan Fakultas Psikologi UP45. ”Fakultas Psikologi selalu memberikan pelatihan baik bagi para mahasiwa maupun masyarakat. Semoga melalui kegiatan semacam ini dapat mengembangkan karya-karya yang telah ada serta mampu menjalin mitra kerjasama antara Universitas Proklamasi45 dengan sekolah-sekolah melalui guru-guru sekalian”, demikian sambuatan dari Ibu Muslimah.

Peserta yang terdiri dari 20 orang guru TK Khalifah Yogyakarta tanpak begitu bersemangat dalam mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan dalam pelatihan. ”Dengan adanya acara ini saya bisa curhat sehingga lebih lega”, demikian ungkap Puji, salah seorang peserta. Sesuai dengan materi tentang motivasi kerja yang dijelaskan secara rinci oleh Dr. Arundati Shinta, S.Psi., M.A., bahwa setiap guru wajib mengembangkan potensi diri diawali dengan menerima diri agar mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih ringan tanpa adanya rasa tertekan. Adapun game psikologi yang disajikan sebagai upaya untuk memudahkan peserta pelatihan dalam menerima dirinya adalah Back To The Future (Schmidt & Sujansky, 1999).


Kegiatan Psikologi Berbagi yang telah mendapat banyak respon positif dari para guru di Yogyakarta ini diupayakan dapat terlaksana secara berkala dan diungkapkan oleh Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi,M.A., bahwa Fakultas Psikologi siap bekerjasama dengan berbagai pihak dan dalam berbagai acara pelatihan dan pendampingan sebagai bentuk karya nyata di tengah masyarakat.

Daftar Pustaka

Schmidt, S. A. & Sujansky, J. G. (1999). Training games for managing change. New York: McGraw-Hill

0 komentar:

Posting Komentar