Sabtu, 14 April 2018

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK


Reni Suryani
Fak Psikologi
Universitas Proklamasi 45
17.310.410.1169

       Setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda dalam bersikap dan bertindak. Pembentukan karakter pada seorang anak tentunya dipengaruhi oleh berbagai macam hal, baik itu lingkungan keluarga ataupun lingkungan tempat anak bersosialisasi. Akan tetapi faktor yang  memberikan  dampak paling besar tehadap pembentukan karakter seorang anak adalah lingkungan terdekat anak yaitu keluarga.Sikap dan kebiasaan orangtua dalam sebuah keluarga akan menjadi dasar terbentuknya karakter seorang anak. Sikap orangtua secara tidak langsung akan ditiru dan dipelajari oleh anak-anak. Oleh karena itu, sikap dan tindakan Anda ketika berada di depan anak harus senantiasa dijaga supaya anak tumbuh dengan karakter dan pribadi yang baik.


       Lingkungan Keluarga. Merupakan  faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter seorang anak. Seperti yang kita ketahui kalau keluarga merupakan lingkungan terdekat bagi anak. Akan tetapi ter dalam sebuah keluarga, ada anak yang hanya mempunyai kedekatan dengan salah satu anggota keluarga seperti ibu atau ayah. Oleh karena itu perlu diseimbangkan kedekatan anak dengan semua anggota keluarga supaya pembentukan karakter pada anak tidak dominan dipengaruhi oleh salah satu sikap daro orangtua.Semua anggota keluarga harus memberikan sikap yang baik sehingga anak akan memiliki karakter dan kepribadian yang baik. Sikap baik dan buruk yang terjadi dalam keluarga akan berpengaruh dan berdampak terhadap pertumbuhan serta pembentukan karakter seorang anak.

     Sikap dari orangtua. Faktor selanjutnya yang sangat penting dalam memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter seorang anak. Cara orangtua dalam mendidik dan bersikap terhadap anak akan memberikan karakter yang berbeda pada anak. Oleh karena itu sikap dan cara berkomunikasi yang baik harus senantiasa ditunjukan oleh orangtua. Peran , orangtua merupakan panutan bagi anak,  perilaku dan perbuatan yang dilakukan oleh orangtua dalam lingkungan keluarga cenderung akan ditiru oleh anak-anak. Orangtua harus menjadi panutan dan memberikan contoh yang baik karena hal posistif akan membantu perkembangan anak dan pembentukan karakter anak  yang lebih baik.

      Lingkungan sosial anak. Biasanya anak akan bersikap lebih aktif dan lebih terbuka ketika berada di lingkungan keluarga.Namun saat berada di lingkungan lain, anak biasanya terlihat lebih pendiam dan tertutup. Jika  anak hanya cenderung terhadap satu lingkungan maka hal ini bisa berdampak buruk terhadap sikap anak ketika sudah dewasa. Peran sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk menyeimbangkan interaksi anak dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sosial. Sikap orangtua, lingkungan keluarga dan lingkungan sosial sangat berperan penting dalam pembentukan karakter seorang anak.

0 komentar:

Posting Komentar