Minggu, 15 April 2018

FENOMENA KIDS JAMAN NOW

Psikologi Sosial
Oleh : Riyanti
NIM : 17.310.410.1163



Pernah mendengar kalimat kids jaman now? Sebenarnya apa maksud dari kids jaman now? Sebenarnya ini adalah kalimat yang saya pikir lucu,karena memang ada 3 kata dari 2 bahasa yang tergabung menjadi satu. Kids artinya anak-anak, dan now artinya sekarang. kids jaman now maksudnya anak-anak jaman sekarang.
Masih belum pasti siapa yang pertama kali mencetuskan kalimat ini, namun dari salah satu website,ternyata kalimat yang sedang viral ini awalnya diunggah oleh akun palsu dengan nama Seto Mulyadi.
Lalu kenapa disebut sebagai kids jaman now? Karena perilaku anak-anak jaman sekarang amatlah berbeda dengan perilaku anak-anak jaman dulu. Salah satu faktor penyebab tentunya pola asuh,teknologi dan lingkungan yang menyebabkan perkembangan anak menjadi menyimpang.
Lalu sebenarnya perkembangan sendiri itu apa?
Menurut pakar psikologi Erik Erikson, yang terkenal dengan teori perkembangan psiko sosial bahwa kepribadian manusia berkembang dalam beberapa tingkatan. Salah satu komponen dari teori ini adalah perkembangan persamaan ego yang berkembang dari interaksi sosial. Perkembangan ego berubah berdasarkan pengalaman,interaksi sosial,dan informasi baru yang didapatkan.
Dan menurut Sigmund Freud perkembangan adalah dimana anak-anak mencari kesenangan dari energi yang dimiliki.
Dengan demikian perilaku  fenomena kids jaman now ini karena perkembangan pada individu tersebut mengedepankan ego dan kesenangan diri. Sedang sejatinya anak perlu pendampingan orangtua atau orang dewasa dalam setiap perkembangannya. Jika tidak maka akan muncul dan semakin banyak kids jaman now yang perkembangannya sudah tidak sesuai dengan usianya.
Lalu apa yang terjadi terhadap kids jaman now ini? Perbedaan,itu yang terjadi. Ada beberapa perbedaan anak jaman dulu dan jaman sekarang,berikut perbedaanya:
1. Permainan
Di jaman saya masih kecil,bermain lompat tali,petak umpet dan kelereng sudah menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anak jaman sekarang kurang begitu mengenal permainan tersebut,apalagi anak anak yang sudah menegnal gawai.
2. Lagu
Lagu anak-anak jaman dulu adalah lagu-lagu yang ceria,lagu anak. Anak jaman sekarang sering terpapar lagu orang dewasa, bahkan dibeberapa kasus anak anak menyukai lagu dangdut.
3. Gaya berpakaian
Anak jaman sekarang tentunya lebih modis dalam hal berpakaian,meniru cara berpakaian orang dewasa atau tokoh tertentu.
4. Aturan berkendara
Anak jaman dulu,jalan jalan dengan dibonceng sepeda saja sudah amat senang, sedang anak jaman sekarang masih sekolah SD sudah lihai menggunakan sepeda motor
5. Sikap
Anak jaman sekarang,bahkan yang masih duduk dibangku SD sudah mempunyai akun medsos, sering berkeluh kesah di media sosial. Yang harusnya tempat bercerita mereka adalah orangtua atau orang terdekat mereka, anak jaman now lebih senang mengungkapkan perasaanya di media sosial.
Perbedaan tersebut di atas memang dipengaruhi oleh perkembangan jaman dan kemajuan teknologi. Sudah sepantasnya jika anak-anak tidak dibiarkan tumbuh terlalu bebas dan tidak terkontrol seperti apa yang terjadi pada fenomena kids jaman now. Peran orangtua,sekolah,lingkungan sangat penting bagi proses perkembangan setiap anak.

Daftar Pustaka
Sumartiningsih,Dien. (2002). Diktat atau catatan kuliah Psikologi Perkembangan.
http//www.theory of psychosocial.com
http//www.kompasiana.com


0 komentar:

Posting Komentar