Selasa, 10 April 2018

Klinik Karir Psikologi Sosial I
                                         Nama: RR Erlin Setyati          
NIM   : 17.310.410.1173

Pertanyaan :
Bu, saya seorang manajer di perusahaan swasta, saya punya atasan Kepala Divisi yang cara kerjanya tidak sistematis. Minta laporan hari ini dan harus siap hari ini. Tidak pernah ada rapat koordinasi di divisi kami,
pembagian kerja tidak jelas, orang yang mau dan mampu kerja disuruh-suruh terus, sedangkan yang malas malah semakin santai. Mohon saran.
Jawab :
Dalam dunia kerja, kita tidak bisa memilih boss atau atasan kita. Bahkan seringkali kita tidak bisa memilih bawahan atau tim kerja kita. Butuh strategi dan kedewasaan dalam situasi yang seperti itu. Seorang karyawan yang punya potensi tinggi untuk berhasil dalam karirnya adalah mereka yang tidak hanya mengeluh dan menyalahkan keadaan, tetapi adalah mereka yang proaktif mencari solusi dan memberikan gagasan/masukan kepada atasannya.
·      Anda bisa mengusulkan kepada atasan untuk membuat Calender of Event (COE). Misal setiap hari Jumat setiap Departemen mengadakan rapat internal, hasilnya dilaporkan di rapat Divisi di hari Senin. Dalam rapat divisi, laporkan yang sudah ada solusinya dan mintakan arahan/masukan jika belum ketemu solusinya
·      Berinisiatiflah membuat job description untuk departemen anda, tupoksi anda dan staf anda. Setelah itu sodorkan juga konsep job description departemen lain, sebagai bahan masukan anda.

Dengan melakukan dua hal tersebut diatas, anda tidak akan direpotkan lagi dengan cara kerja yang tidak sistematis sekaligus menunjukkan kapabilitas anda sebagai manajer yang punya konsep, berwawasan dan mau bekerja melampaui kewajibannya (beyond over expectation). Bagaimana kalau ide-ide anda itu diklaim sebagai ide atasan? Tidak perlu kecewa, orang lain mungkin tidak tahu, tapi boss anda akan mengakui hal itu dalam hati kecilnya. Diatas itu semua percayalah “kebenaran akan menemukan jalannya, emas akan tetap berbeda dibandingkan Loyang”.

0 komentar:

Posting Komentar