Jumat, 05 Februari 2016

PELATIHAN PADA GURU-GURU TAMAN KANAK-KANAK DI YOGYAKARTA



PENERIMAAN DIRI SEBAGAI BEKAL UNTUK PROMOSI KARIR


Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Univesitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Pelatihan guru TK di Yogyakarta merupakan bagian dari kegiatan Psikologi Berbagi. Acara yang dibuka oleh Bapak Ir. Bambang Irjanto, MBA., selaku ketua Yayasan UP45, dihadiri oleh guru TK antara lain dari TK Aisyiyah Al – iman, TK ABA Sapen dan KB Aisyiyah Sapen. ”Merupakan kebanggaan bagi Universitas Proklamasi 45 bisa turut mendukung karya guru-guru dalam menjalankan tugasnya. Semoga melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi ini mampu meningkatkan motivasi dan profesionalitas guru-guru sekalian”, demikian kutipan sambutan Bapak Bambang.


Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Ruang WR III, Universitas Proklamasi 45 pada hari Sabtu, 14 Nopember 2015, pukul 13.30–15.30. Acara dibuka oleh Bapak Ir. Bambang Irjanto, MBA, selaku Ketua Yayasan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Narasumber acara ini adalah dosen Fakultas Psikologi UP45, yaitu Dr. Arundati Shinta S.Psi.,M.A., yang menjelaskan tentang pentingnya motivasi dalam meraih prestasi sebagai seorang guru TK. Dewi Handayani H, S.Psi, M.Psi., mengarahkan agar peserta lebih mampu mengembangkan potensi diri. Eni Rohyati S.Psi, M.Psi., menghangatkan susana pelatihan dengan game-game kerjasama. Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA., menjelaskan tentang pentingnya penerimaan diri sebagai modal awal pengembangan potensi diri. Penerimaan diri juga berfungsi untuk meningkatkan karir, karena promosi kerja pada hakekatnya harus dimulai dari pemahaman tentang potensi diri. Adapun proses penerimaan diri ini agar lebih mudah dipahami peserta, maka disajikan dengan game psikologi Back To The Future (Schmidt & Sujansky, 1999).


Peserta berharap kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi dapat secara rutin dilaksanakan, baik di dalam kampus UP45 maupun berkenan hadir ketika sekolah dan yayasan mengundangnya. ”Kami ingin melakukan kerjasama dengan Fakultas Psikologi UP45 untuk memberikan konseling bagi TK kami”, demikian ungkap Irna, salah seorang peserta.

DAftar Pustaka

Schmidt, S. A. & Sujansky, J. G. (1999). Training games for managing change. New York: McGraw-Hill

0 komentar:

Posting Komentar