Kamis, 05 April 2018

HPS

Psikologi Sosial
Oleh : Riyanti
NIM : 17.310.410.1163



HPS adalah singkatan dari Hari Pertama Sekolah. Pemerintah meminta orangtua untuk mengantar anak mereka di hari pertama masuk sekolah. Mengantar anak pada hari pertama sekolah dinilai penting untuk menciptakan kedekatan antara orangtua siswa dan lingkungan sekolah. Pengalaman sebagai orangtua untuk mengantarkan anak di hari pertama sekolah sungguh merupakan sebuah pengalaman yang menarik.
Perlu dipahami bahwa menyekolahkan anak bukan hanya mendaftarkan anak disalah satu sekolah dan selebihnya menjadi urusan dan tanggung jawab guru. Pendidikan itu oleh guru di sekolah, dan orangtua di rumah.Oleh karena itu sebaiknya harus ada kerja sama dan kolaborasi dari sekolah dan rumah khususnya orangtua.
Berikut adalah alasan kenapa orangtua perlu mengantar anak saat HPS:
1. Anak akan lebih bersemangat di sekolah karena orangtua ikut terlibat dan mendukung aktivitasnya.
2. Orangtua bisa melihat langsung bagaimana reaksi anak, ketika anak merasa cemas dan gugup orangtua bisa langsung menenangkannya.
3. Mengantar anak ke sekolah adalah kesempatan membangun hubungan postif dengan lingkungan sekolah,bertemu dan dapat berinteraksi dengan para guru dan teman anak.
HPS atau Hari Pertama Sekolah  adalah awal dari komitmen dan keterlibatan orangtua,untuk itu sebaiknya jangan hanya berhenti pada hari pertama saja. Jika memang ada kesempatan lakukan kegiatan ini secara berkesinambungan agar kedekatan anak dan orangtua tetap terjalin.

Daftar Pustaka:
Deviana,Nia. "Pentingnya Mengantar Anak pada Hari Pertama Sekolah". 17 Juli 2016. http//metrotvnews.com

0 komentar:

Posting Komentar