Selasa, 10 April 2018

Klinik Karir Psikologi Sosial I
                                                                                    Nama: RR Erlin Setyati          
NIM   : 17.310.410.1173

Pertanyaan :
Bu, saya seorang manajer HRD dan saat ini sedang menghadapi isu demo Serikat Pekerja yang mengusung isu ketidakpuasan karyawan dengan dilakukannya asesmen dalam system promosi yang 2 tahun ini sudah kami lakukan. Mohon saran apakah kami harus mengevaluasi system kami atau bagaimana?
Jawab :
Bekerja di bagian HRD adalah pekerjaan yang paling tidak popular, apalagi jika manajemen sedang melakukan pembenahan organisasi untuk
perbaikan kinerja. Sebelum memutuskan system asesmen direvisi atau tidak, anda harus memastikan dulu apakah proses asesmen ini sudah :
1.     Tersosialisasikan dengan baik
Maksudnya semua lapisan atau jenjang karyawan sudah paham adanya kebijakan ini dalam system promosi mutasi kekaryawanan
2.     Dilakukan dengan transparan dan objektif
Transparan semua orang paham aturan mainnya, persyaratan ikut asesment, bobot asesmen dalam system promosi, kriteria lain dalam system promosi mutase, dll.
Objektif artinya asesmen ini dilakukan oleh pihak yang punya kompetensi, kredibilitas dan independensi, sehingga terbabas dari campur tangan siapapun termasuk manajemen.

Jika 2 hal tersebut sudah anda lakukan, anda tidak perlu ragu untuk melanjutkan proses assessment yang sudah berjalan.  Untuk menghadapi ancaman demo, anda bisa melakukan langkah persuasive sbb :
1.     Undang perwakilan karyawan dan pengurus serikat pekerja
2.     Ajak dialog mereka, jelaskan secara terbuka prosesnya, sampaikan bahwa kita perlu system yang tranparan dan bisa dipertanggungjawabkan untuk menyiapkan pimpinan-pimpinan perusahan yang kompeten dan berintegritas untuk menjaga kontinuitas perusahaan
3.     Yakinkan bahwa siapapun yang mampu dan potensial tidak perlu kuatir dalam menghadapi persaingan
4.     Jika mereka tetap tidak sepakat dan ingin tetap demo, anda harus menegaskan bahwa manajemen tidak bisa ditekan dengan cara-cara seperti itu. Manajemen akan tetap focus dan konsisten bekerja untuk perbaikan kinerja perusahaan




0 komentar:

Posting Komentar