Selasa, 03 April 2018

PEMBEKALAN PSIKOLOGIS UNTUK SISWA YANG MENGHADAPI UN



Reni Suryani
Fak. Psikologi UP 45
17.310.410.1169

Psikologi sosial 1

      Pelaksanaan ujian nasional (UN)  pada April saat ini, siswa SMA akan menghadapi ujian yang menjadi penentu kelulusan  dari jenjang pendidikan menengah. Sejumlah sekolah sebelumnya  sudah melakukan berbagai persiapan. Ada yang sudah menggelar uji coba alias try out, ada pula yang sudah mengadakan bimbingan belajar bagi para siswa. Di luar persiapan yang bersifat akademis, seperti  SMA Negeri 24, Jakarta, ternyata punya strategi lain yang dinilai perlu dipersiapkan untuk mendukung kesuksesan siswa dalam pelaksanaan UN.

            Apa persiapannya? Persiapan psikologis siswa Sejak awal semester, di seluruh ruang kelas tiga (kelas XII) SMAN 24 sudah diatur tempat duduk yang akan diduduki siswa pada ujian nasional. Pemberitahuan nomor dan lokasi ujian memang sudah diberitahukan jauh-jauh hari dengan tujuan agar siswa tidak kaget dengan posisi yang pasti berbeda dengan yang didiami sehari-hari. kemungkinan saat ujian nanti , siswa akan merasakan suasana seperti sekolah sehari-hari.

     Mengetahui sejak awal posisi duduk saat ujian, menurut  salah seorang siswa kelas XII IPA 1, Aditya Dwi R, sangat membantu persiapannya menghadapi ujian nasional. Selain lebih siap mental, ia juga lebih mengenal teman-teman yang akan berada pada ruangan yang sama pada saat ujian.seperti teman yang belum kenal menjadi akrab , suasana tidak menegangkan. Secara psikologis, hal ini membuat suasana lebih nyaman dan percaya diri. 

     Sekolah yang berlokasi di kawasan Lapangan Tembak, Jakarta Selatan, ini juga mengadakan penyuluhan yang bisa memotivasi semangat dan spiritual siswa. Program ini dinamakan Bina Mental Spiritual. Orangtua siswa juga berkontribusi dalam program motivasi ini. Persiapan UN sudah memasuki tahap waspada. Mulai dari bimbel-bimbel diikuti semua, latihan-latihan dari guru-guru maupun dari soal yang kita buat sendiri.

           Siswa  juga harus pelajari materi-materi di kelas X dan XI, mempelajari dan hafalkan rumus-rumus eksakta juga , usahakan siswa tidak nervous dalam menghadapi UN. Perasaan cemas pasti ada disetiap siswa , oleh karena itu peran orang tua dan guru sangat dibutuhkan untuk pembekalan psikologis siswa yang akan menghadapi UN.



sumber :  https://edukasi.kompas.com/read/2012/01/19/08575246/Strategi.Persiapkan.Psikologis.Siswa.Jelang.UN. 


Kompas,Jakarta  19 Januari 2012

0 komentar:

Posting Komentar